Kamis, 13 Juni 2013

Ilmuwan Ingin Menghidupkan Kembali Hewan yang Punah

WASHINGTON DC, (PRLM).- Para ilmuwan telah bertemu untuk membahas kemungkinan "menghidupkan" kembali 24 hewan dari kepunahan. Namun Jurassic Park bukanlah pilihan, karena DNA dinosaurus terlalu tua.
Menghidupkan kembali dari kepunahan (de-extinction) sejumlah spesies, telah dibahas pada konferensi TEDx di Washington DC yang disponsori oleh National Geographic.

Hewan-hewan tersebut di antaranya burung dodo, Parkit Carolina, terakhir terlihat pada tahun 1904 di Florida, dan Quagga zebra kecil yang pernah tinggal di Afrika Selatan, yang terakhir di alam liar ditembak pada tahun 1870, dan di penangkaran meninggal pada tahun 1883.
Tim memilih hewan-hewan tersebut menggunakan sejumlah kriteria, dan membahas etikanya saat kembali dari kepunahan. Mereka membahas apakah spesies ini diinginkan, apakah ada fungsi ekologis penting atau hewan yang dicintai manusia.
Mereka juga membahas pilihan praktis, akankah ada akses ke jaringan dengan sampel DNA berkualitas baik atau sel germinal untuk mereproduksi spesies tersebut. Selain itu juga dipertimbangkan apakah hewan itu benar-benar mampu untuk diperkenalkan kembali ke dunia dan apa alasannya saat punah di tempatnya.
Bulan ini National Geographic menjelaskan bagaimana caranya "menghidupkan" yang telah punah, dengan mengambil sampel DNA lama dan pemasangan kembali ke dalam genomnya secara penuh.
Kemudian disuntikkan ke dalam sel embrio yang telah memiliki DNA mereka sendiri, dan memilih induk pengganti yang cocok untuk melahirkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...